Ibu, Ayah Mengajak Saya ‘Mabuk’

Tidak terpungkiri, adat kebiasaan masyarakat di berbagai belahan Indonesia sangata beragam. Pun begitu di tempat saya bertugas, Pulau Tagulandang. Di sini, kebiasaan yang menurut saya tidak lazim seperti minum alkohol, justru merupakan kegiatan sehari-hari yang wajar dilakukan, kapan pun di manapun.  Momen minum bersama ini bisa mudah kita jumpai, seperti saat tukang bangunan istirahat, mereka menggunakan waktunya untuk minum Cap Tikus. Cap Tikus adalah istilah atau merek minuman beralkohol yang populer di masyarakat. Bahkan, setelah ibadah selesai, ada beberapa orang yang menutup kegiatan itu dengan minum.

aaaaaa

Tugas Siswa: Menceritakan dirinya dihimbau untuk minum alkohol oleh orang tuanya

Anehnya, kebiasaan tidak lazim ini berusaha keras diturunkan kepada anak-anaknya yang masih usia sekolah. Usia SMP, SMA di sini terlihat wajar jika mereka pulang sekolah dalam keadaan teler. Banyak kenakalan dan kejahatan remaja yang ditimbulkan akibat hal ini, namun anehnya masyarakat masih saja menganggapnya wajar.

Suatu hari, ketika pembelajaran Bahasa Indonesia seorang siswi perempuan menulis tugas yang menggunakan kata ‘mengimbau’. Anehnya, dia menulis bahwa ayahnya menghimbau dirinya meminum alkohol.

Setelah membaca, aku minta penjelasan apakah hal itu benar. Menurut pengakuan muridku, itulah yang terjadi. Dirinya dan adiknya seringkali diajari untuk minum sedikit sisa alkohol dibotol ayahnya. Katanya sebagai latihan, agar tidak memalukan keluarga saat ada pertemuan dan ada minuman alkohol itu. Pertanyaaannya, apa yang harus saya lakukan? #Sedang berpikir

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s