Legitnya Puding Hercules Khas Ujung Utara Indonesia

Makanan, selalu saja menjadi topik hangat yang akan menyatukan segala wujud rupa masyarakat. Ketika membicarakan makanan, semua orang dalam berbagai suku, agama, bahkan ras akan bersatu dan membaur dalam kehangatan keluarga. Itulah yang kami, para perantau rasakan di Pulau Tagulandang ini. Bertukar resep makanan, salah satunya puding yang khas di tempat ini. Berikut ulasannya.

bb            Penganan yang umumnya berwarna kuning cerah ini merupakan kegemaran semua usia dari anak-anak sampai dewasa di Pulau Tagulandang. Warna kuning berasal dari jagung manis yang dihaluskan. Selain rasa yang enak, nama puding ini juga unik. Namanya Hercules, mengadopsi nama merk tepung yang umum digunakan untuk campuran dalam pembuatan puding.

            Saat makanan ini memasuki rongga mulut, kelembutan pun terasa. Kelembutan puding ini berasal dari satu kaleng susu kental manis dan agar-agar. Selain itu, rasa gurih yang khas akan tercium dan menambah legitnya puding. Santan kental adalah muasal dari rasa gurih dalam Puding Hercules. Bahan-bahan lain untuk membuat puding ini adalah gula, dan tepung maizena.

Tidak hanya rasa yang enak, penyajian yang cantik juga menambah selera untuk melahap puding ini. Umumnya, puding disajikan dalam kertas kue kecil yang biasa disebut “bunga-bunga”, disebut bunga-bunga karena motif dan bentuknya menyerupai bunga. Ketika kehabisan bunga-bunga, para ibu akan menyajikannya dalam bentuk irisan persegi-persegi kecil. Taburan keju di atas puding ini akan melengkapi kelezatannya. Hmm… matemang (enak) J J.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s